Masuk Lorong Gang Kecil Pulasaren Cirebon Tersembunyi Situs Makam Habib Idrus bin Muhammad Alhabsyi

Masuk Lorong Gang Kecil Pulasaren Cirebon Tersembunyi Situs Makam Habib Idrus bin Muhammad Alhabsyi

CIREBON - Masuk lorong kecil dan sempit samping Musala Al-Karomah, Jalan Pekawatan, Gang Siti Dari, Kelurahan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, tersembunyi situs makam Alhabib Idrus bin Muhammad Alhabsyi.

Alhabib Idrus Bin Muhammad Alhabsyi merupakan ulama besar dalam penyebaran agama Islam di Cirebon zaman setelah Sunan Gunung Jati. Alhabib Idrus pun merupakan ulama pertama kali di dunia myang encetuskan adanya haul.

Situs makam ulama asal Yaman ini berada di dalam kubah kayu yang menyerupai lemari. Batu nisannya pun berbeda dengan makam ulama lainnya. Batu nisan makam Alhabib Idrus bin Muhammad Alhabsyi berbentuk bunga kantil.

Baca juga:

Hari Minggu, Ada Tambahan 6 Kasus Positif Covid-19 Kota Cirebon

Hasil Swab Test Covid-19, Menag Fachrul Razi Terkonfirmasi Positif

Mayat Perempuan tanpa Busana Ditemukan di Pantai Kejawanan

Meski lokasi situs makam Alhabib Idrus bin Muhammad Alhabsyi ini terpencil dan tersembunyi, namun masih ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah luar Cirebon. Peziarah datang mendoakan leluhurnya.

\"Beliau merupakan ulama penggagas Haul pertama kali di Indonesia bahkan dunia. Selain Cirebon, sampai saat ini banyak peziarah dari Kwitang Jakarta dan Surabaya yang datang,\" kata Adi l, selaku kuncen makam Alhabib Idrus bin Muhammad Alhabsyi kepada radarcirebon.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: